Desember 08, 2010

Berbagai versi dari Android OS

Sejak munculnya sistem operasi  Android November 2007, sistem operasi Android terus mengalami peningkatan versi diawali dengan versi 1.1 hingga versi yang baru saja di release yaitu versi 2.3 (Gingerbread)
Entah dengan maksud apa, diawali dari versi 1.5 sistem operasi Android memakai nama-nama makanan/kue untuk nama alias dari versi Android yang di rilis.

Android versi 1.1
Versi ini dirilis pada 9 Maret 2009, yang muncul dengan pembaruan terhadap estetika pada aplikasi, jam alarm, voice search (pencarian suara), pengiriman pesan dengan Gmail, dan pemberitahuan email.

Android versi 1.5 (Cupcake)
Android Cupcake
Cupcake atau dalam terjemahan bebas berarti kue cawan adalah nama alias dari sistem operasi Android versi 1.5. Ada beberapa pembaruan dan juga penambahan beberapa fitur pada versi ini yaitu adanya kemampuan untuk merekam dan menonton video pada modus kamera, mengupload video ke Youtube dan gambar ke Picasa secara langsung, dukungan Bluetooth A2DP, animasi layar, dan keyboard pada layar.

Android versi 1.6 (Donut)
DonutDonut dikenal juga dengan kue berlubang dipakai sebagai nama alias dari versi Android 1.6. Versi ini dirilis  September 2009 dengan kemampuan proses pencarian yang lebih baik dibanding sebelumnya, penggunaan baterai indikator dan kontrol applet VPN. Serta ada tambahan fitur galeri yang memungkinkan pengguna untuk memilih foto yang akan dihapus. Versi ini telah mampu diintegrasikan dengan CDMA / EVDO, 802.1x, VPN, Gestures, dan Text-to-speech engine.

Android versi 2.0/2.1 (Eclair)
Android Eclair
Pada 3 Desember 2009 kembali sistem operasi Android  merilis versi baru yaitu versi 2.0/2.1 yang diberi nama alias Eclair. Eclair adalah kue sus yang berbentuk panjang dengan toping coklat diatasnya.
Perubahan pada versi ini yaitu adanya optimalisasi hardware, peningkatan Google Maps 3.1.2, perubahan UI dengan browser baru dan dukungan HTML5, daftar kontak yang baru, dukungan flash untuk kamera 3,2 MP, digital Zoom, dan Bluetooth 2.1.

Android versi 2.2 (Froyo)
Android Froyo
Froyo (Frozen yoghurt) adalah yoghurt (susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri) yang dibekukan mirip seperti ice cream. Froyo dipakai sebagai nama alias dari sistem operasi Android versi 2.2
Versi ini meluncur pada Mei 2010 dengan peningkatan pada performance dan memori, integrasi dengan Chrome, USB tethering, WIFI Hotspot, Quick switching, Voice dialing, serta mendukung Adobe Flash 10.1.

Android versi 2.3 (Gingerbread)
Android Gingerbread
Gingerbread adalah kue yang terbuat dari jahe, biasanya berbentuk boneka sering disajikan sebangai teman minum kopi.
Gingerbread dipakai sebagai nama alias dari sistem operasi Android versi 2.3. Saat ini versi 2.3 dari Android ini merupakan versi terakhir dari sistem operasi Android. Ada beberapa peningkatan yang cukup menjanjikan pada Android Gingerbread ini yaitu antara lain :
  • Dukungan Aplikasi NFC, Aplikasi yang memungkinkan produsen gadget untuk membuat perangkat yang bisa digunakan untuk transaksi nirkabel (dompet elektronik)
  • Dukungan pada kamera depan.
  • Handphone Internet atau kemampuan bertelepon via internet, atau Voice over IP tanpa aplikasi tambahan yang berarti pengguna sudah bisa membuat panggilan VoIP langsung dari Handset tanpa perlu menambahkan aplikasi tambahan.
  • Tampilan yang lebih rapih, Tampilan interface android versi 2.3 ini  makin rapih dan mudah dipelajari. Menu dan tema visual diperbaiki untuk memudahkan navigasi.
  • Manajemen Aplikasi, tersedia shortcut untuk sebuah aplikasi bernama Manage Applications. Di sini pengguna bisa melihat berapa besar memori yang diserap oleh masing-masing aplikasi yang sedang berjalan.
  • Input teks lebih cepat, keyboard dari Android Gingerbread dijanjikan akan lebih baik, dengan beberapa perubahan lokasi dan bentuk.Copy Paste, kemampuan untuk memilih (select) lalu melakukan Copy, Cut atau Paste menjadi semakin baik.
Android versi 3.0 (Honeycomb)
Android Honeycomb Honeycomb atau sarang madu adalah bagian dari hasil lebah ang dimanfaatkan selain dari madunya itu sendiri.
Honeycomb dipakai sebagai nama alias dari sistem Android versi 3.0
Belum banyak yang dapat diketahui dari versi Android Honeycomb ini. Menurut informasi versi Android 3.0 ini lebih ditujukan untuk mengoptimalisasi sistem operasi Tablet, atau lebih tepatnya Android versi 3.0 adalah sistem operasi Android untuk tablet PC

Android versi 4.0 (Ice Cream)
Android Ice Cream Ice Cream, tentu saja kita tahu karena ini adalah minuman atau tapatnya makanan yang sangat disukai terutama oleh anak kecil
Ice Cream dipakai sebagai nama alias dari Android versi 4.0
Tidak ada informasi yang mendukung mengenai Android veris 4.0 ini, tetapi ada sumber yang mengatakan bahwa Android versi 4.0 ini mengarah ke Cloud Computing.

Android ver 4.1 (Jelly Bean) 
Jelly Bean adalah versi Android OS penerus Android Ice Cream, Jelly Bean sendiri adalah nama untuk permen warna warni yang berbentuk kacang.
Tidak ada informasi yang lebih lanjut kenapa versi Android Jelly Bean ini masih memakai versi 4 bukan versi 5, sepertinya Jelly Bean masih memakai kode nomor versi 4 karena Android Jelly Bean secara keseluruhan tidak terlalu jauh berbeda dengan Android Ice Cream hanya ada peningkatan dari sisi keamanan, lebih hemat baterai serta Full support Chrome Browser.
Untuk penamaan Android versi selanjutnya seperti versi 4.1, 4.2, dan 4.3 masih menggunakan code name Jelly Bean

Android ver 4.4 (KitKat)
Bagi Anda penggemar cokelat tentu tahu coklat KitKat. Salah satu merk cokelat populer yang dibuat oleh perusahaan Nestle dan sangat digemari oleh banyak orang di dunia. Penamaan Android 4.4 dengan nama KitKat dikabarkan karena pihak Google bekerja sama dengan pihat Nestle walau pihak Google sepertinya menepis kabar tersebut.
Berikut beberapa kelebihan dari Android 4.4 KitKat yaitu: Firmware yang bisa digunakan untuk smartphone lama, Pergantian Fragmentation atau ukuran tampilan layar, Miracast updates Gallery baru, Visualisasi API baruBoot animasi baru, pergantian warna logo Android berwarna biru serta Notifikasi widget baru.

Android ver 4.5 atau ver 5.0 (Ladoo) ?
Belum diketahui versi Android penerus Android 4.4 KitKat, namun dikabarkan versi selanjutkan akan menggunakan code name Ladoo
Ladoo adalah makanan yang mempunyai ciri khas memiliki rupa seperti bola berwarna kuning yang merupakan makanan favorit di India. Kita tunggu saja kabar selanjutnya apakah benar Ladoo akan dipakai sebagai nama dari Android ver 4.5 atau 5.0



Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

1 comments : on " Berbagai versi dari Android OS "

Blogger mengatakan...

DreamHost is ultimately the best website hosting provider for any hosting plans you require.

Posting Komentar