Maret 31, 2011

Kirim SMS via Gmail

Layanan yang ditawarkan Gmail memang makin menarik saja, dari integrasi antara FaceBook & Twitter, Gtalk dan masih banyak lagi. Kini Gmail kembali menambah layanan mengirim dan menerima SMS dari Gmail, memang layanan ini bukan hal yang baru, tetapi diperkirakan masih banyak orang yang belum mengetahui tentang layanan ini. Melalui layanan ini kita bisa mengirimkan SMS secara gratis.

Awalnya, layanan Kirim SMS via Gmail ini hanya bisa dipakai untuk nomor-nomor Amerika Serikat (+1) saja. Tetapi, Google sudah membukanya di sejumlah negara, termasuk Indonesia, Ghana, Israel, Malawi, Nigeria, Zambia, Uganda, Tanzania, Arab Saudi, Senegal, Palestina, hingga Kenya, dan tidak menutup kemungkinan akan terus bertambah lagi.

Untuk Indonesia, layanan Kirim SMS via Gmail ini baru di dukung oleh dua operator, yaitu Telkomsel dan Indosat, dengan kuotanya SMS dibatasi 50 SMS per hari. Hal ini Google sangat membantu pelanggan, terlebih bagi yang kerap mengirimkan SMS internasional, yang terkenal cukup mahal, lebih mahal dari tarif SMS nasional.

Tarif SMS internasional Telkomsel adalah Rp 600, sementara Indosat Rp 500 per SMS, dan tarif SMS international kecuali seluruh negara di Eropa, Fiji, Papua Nugini, Senegal & Uni Emirat Arab dikenakan biaya Rp1.200 per SMS. Bandingkan dengan layanan SMS in Chat di Gmail ini, tentu sangat terasa, karena layanan ini bersifat Gratis, walau dibatasi 50 SMS per hari.

SMS via GmailUntuk menikmati layanan Kirim SMS via Gmail ini sangatlah mudah. Silahkan anda masuk ke Gmail, disana terdapat fitur Google Labs.

Pada Google Labs, cari fitur SMS (text messaging) in Chat dan SMS in Chat gadget dan aktifkan mengklik Enable. Jika sudah, silahkan klik Save Changes. Dan instalasi pun selesai, Mudah bukan? Ya memang semudah itu saja.

Setelah anda melakukan instalasi fitur SMS (text messaging) in Chat dan SMS in Chat gadget, di sebelah kiri inbox Gmail Anda akan muncul tabulasi Send SMS. Untuk menggunakannya juga mudah, masukkan saja nomor tujuan dengan kode negara (mis: +628128xxxx) pada tabulasi tersebut, kemudian Enter. Anda akan diminta memasukkan detail kontak. Setelah kontak diregistrasi, akan ada pop-up window layaknya Gtalk, silahkan ketik pesan anda di situ dan tekan enter.

Selamat mencoba!



VIVAnews.com



Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

6 comments : on " Kirim SMS via Gmail "

gps fleet tracking system mengatakan...

Ya it's really brilliant service provide out by an Gmail and now you send out the SMS on mobile from the Gmail and that is totally free...

Ariesvio mengatakan...

Gmail...memang hebat..thanks

Laptop mengatakan...

Gmail rocks, and their SMS service is just plain handy

Anonim mengatakan...

Nice info.. thank you.

Mudi mengatakan...

Thanks for the info, btw, bagaimana caranya biar sms yang masuk ketika kita offline tidak hilang? saya pernah sms, tapi setelah itu sign out, dan ketika sign in lgi mau melihat sms yang masuk, ternyata tidak ada, padahal sender dari mobile sudah mengirimnya,

Thanks yaa buat jawabannya

Amws mengatakan...

To Mudi
Ini lebih menekankan kita yang kirim SMS ke rakan kita bukan kita menerima SMS.

Posting Komentar