Januari 22, 2010

Gratis, Peta Navigasi Nokia


HELSINKI - Memberikan peta navigasi secara cuma-cuma kini menjadi strategi Nokia untuk mendongkrak penjualan ponselnya kembali di pasaran. Nokia mengumumkan ketersediaan Ovi Maps untuk diunduh gratis di situs Nokia.

"Langkah ini berpotensi melipatgandakan hingga dua kali pangsa pasar perangkat navigasi bergerak," demikian pernyataan resmi Nokia, yang dirilis Kamis (21/1/2010). Nokia menyatakan riset Canalys memperkirakan pada 2009 ada 27 juta pengguna perangkat GPS dan ketersediaan Ovi Maps bisa meningkatkan jumlah pengguna sampai 50 juta orang.

Sejauh ini baru ada 10 tipe handset Nokia yang bisa menikmati aplikasi navigasi ini yakni Nokia X6, Nokia N97 mini, E72, E55, E52, Nokia 6730 classic, Nokia 6710 Navigator, Nokia 5800 Xpressmusic, Nokia 5800 Navigation Edition, dan Nokia 5230. Namun, ke depan pada dasarnya aplikasi ini bisa bekerja pada setiap ponsel Nokia dengan sistem operasi Symbian S60 dan akan dipaketkan dalam produk Nokia ber-GPS yang dirilis mulai Maret 2010.

Nokia mengembangkan layanan peta dan navigasi di ponsel sejak melakukan akuisisi perusahaan AS, Navteq sejak 3 tahun lalu. Sebelum digratiskan, konsumen harus membayar untuk bisa menikmati layanan navigasi premium seperti panduan jalan. Namun, kini semuanya gratis bahkan ditambah 6000 landmark dalam bentuk 3D dan mulai Maret nanti dapat mengakses data panduan berwisata dari Lonely Planet dan Michelin.

"Ovi Maps versi baru juga termasuk fitur navigasi untuk mobil mewah dan pejalan kaki, termasuk panduan navigasi belokan demi belokan," lanjut pernyataan Nokia.

kompas.com



Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

1 comments : on " Gratis, Peta Navigasi Nokia "

christian louboutin mengatakan...

Thanks for your sharing! I like all the new thing. It is so wonderful.

Posting Komentar