Juni 30, 2011

Google+, Jejaring sosial ala Google

Anda tentu tahu apa itu jejaring sosial?  Google berencana segera menyediakan layanan jejaring sosial yang di beri nama Google+  dan saat ini sudah mulai diujicoba untuk umum, untuk pengujiaan nya sama seperti google menawarkan layanan email gratis pertama kali yaitu melalui undangan secara terbatas, dan saat ini undangan telah disebar Google ke beberapa user untuk mencoba Google+
Google+
Google+ adalah bukti keseriusan Google menggarap layanan jejaring sosial dan menghadang dominasi Facebook yang makin populer. Seperti dikutip dari TechRadar, layanan Google+ ini berbasis sepenuhnya pada konsep berbagi. Tidak hanya foto atau link, namun juga informasi menarik serta partisipasi dalam video chat.

Google+ selain bertujuan untuk membuat aktivitas berbagi di web mirip dengan apa yang terjadi di dunia nyata, Google+ juga memiliki beberapa elemen yang menarik yaitu:

1. Circles:
Fitur ini memungkinkan pengguna jejaring sosial membagikan hal-hal yang mereka suka, terhadap lingkaran pertemanan tertentu. Jadi pengguna bisa mengelompokan kontak mereka ke dalam grup-grup sesuai kebutuhan. Hal ini sedikit mirip fitur 'list' di Facebook.

2. Sparks:
Sparks adalah tempat di mana kita bisa mengelompokan konten-konten yang ada di internet, untuk kemudian dibagikan ke teman-teman kita. Misalnya bahasan-bahasan fotografi, media sosial, atau apapun yang akan muncul di timeline. Kita pun bisa memberi +1 ke konten tersebut. Fitur ini semacam news-feed yang bisa dikustomisasi.

3. Hangouts:
Sesuai namanya, ini merupakan fitur grup video yang diambil dari Circles secara kolektif. Di dalamnya, pengguna bisa melakukan video conference layaknya Skype atau Windows Live.

4. Mobile:
Akses Google+ bisa dilakukan dari mana saja via ponsel kita. Di dalamnya ada fitur-fitur seperti instant upload, membuat rencana grup, multiple conversation, dan sebagainya.

Mari kita tunggu, apakah Google+ akan bisa menandingi dominasi Facebook dengan memberikan layanan yang lebih baik lagi.



Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 comments : on " Google+, Jejaring sosial ala Google "

Posting Komentar