November 23, 2017

Cara Cek Registrasi nomor prabayar

Sudah tahu dong, sejak 31 October 2017 pemerintah mewajibkan seluruh nomor prabayar untuk di registrasi sesuai dengan data Dukcapil, sesuai dengan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika (PM Kominfo) Nomor 12 Tahun 2016 dan perubahannya.
Mungkin sebagian dari kita akan dibuat bingung dan bertanya-tanya, bagaimana caranya kita bisa tahu nomor prabayar kita sudah didaftarkan semua, atau mungkin ada yang menggunakan data Dukcapil kita pada nomor prabayar yang sebenarnya bukan milik kita.

Untuk itu semua, pemerintah bekerja sama dengan operator sudah menyediakan fitur Cek Nomor prabayar dan kita sebagai pengguna dapat dengan mudah mengetahui Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang digunakannya terdaftar di berapa nomor. Dan apabila kita mengetahui ternyata ada nomor yang tidak kita kenal dan didaftarkan atas NIK kita (Dukcapil), kita bisa melakukan UNREG dengan mendatangi gerai operator untuk melakukan pengaduan dan men-Unregister nomor tersebut.

Berikut link website operator guna mencek nomor prabayar kita:

Sementara untuk operator:
  • Indosat: SMS dengan format: INFO#NIK kirim ke 4444 atau INFO#MSISDN kirim ke 4444
dan
  • XL Axiata: dengan USSD (Call / Telepon) dengan format: *123*4444# 
Semoga dengan adanya fitur pengecekan registrasi prabayar ini, tindak penyalahgunaan nomor prabayar (penipuan, kriminal, dll) bisa diminimalisasi, untuk itu mari kita semua cek nomor prabayar kita sudah diregistrasi dengan benar.





Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 comments : on " Cara Cek Registrasi nomor prabayar "

Posting Komentar