September 26, 2011

Tarif Esia naik...

Anda pengguna Esia..? produk dari Bakrie Telecom operator telekomunikasi yang berbasis teknologi CDMA 2000 1x dengan layanan Limited mobility, maksudnya adalah layanan mobilitas jaringan tanpa kabel yang dibatasi dalam satu kode area.

Sudah tahu bahwa tarif Esia ?, kabarnya tarif Esia sudah berubah sejak 16 September 2011 lalu, entah mengapa perubahan tarif ini tidak di sosialisasikan oleh pihak Bakrie Telecom, tapi hal ini bukanlah hal yang mengejutkan mengingat perlindungan konsumen di Indonesia memang sangat kurang. Ini terbukti dari perubahan tarif dari esia ini dengan tidak ada pemberitahuan sebelumnya.

Bila kita ingat, sejak November 2010 Esia memberlakukan tarif Semua Layanan seharga Rp. 1,- dengan tambahan embel-embel bahwa tarif tersebut bukan merupakan tarif promo dan ini jelas dinyatakan pada situs resmi Bakrie Telecom ketika melakukan konferensi pers pemberlakukan satu tarif November 2010 lalu.

Tarif yang sebelumnya Rp. 1,- per detik kapanpun kini telah berubah menjadi Rp. 2,- perdetik pada jam 8:00 hingga 23:59 Wib dengan minimal telpon 1 Menit, yang artinya tarif naik menjadi Rp. 132,- per menit (termasuk PPN) yang sebelumnya hanya Rp. 66,- permenit (termasuk PPN), dimana sekarang bila anda nelpon misalnya hanya 15 detik, maka akan terkena tarif Rp. 132,- yang sebelumnya hanya Rp 16,- saja.
Lebih lengkap bisa dilihat bada gambar berikut:
Tarif Esia Naik
Perubahan tarif ini baru Amws sadari karena pulsa Esia terasa lebih boros dan mendapat informasi dalah salah satu milis Gadgets yang Amws ikut dan setelah di cek ke website resmi http://www.myesia.com dan ternyata memang benar telah terjadi perubahan tarif, dan seperti biasa kita sebagai konsumen di Indonesia hanya bisa menerima saja perubahan tarif ini tanpa bisa berubuat apa-apa, dan para operator selalu bersembunyi dibalik clausal yang menyebutkan bahwa "Tarif dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan" Nasib...nasib... :(



Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

37 comments: on "Tarif Esia naik..."

service komputer mengatakan...

kenapa naik? alasannya saingan terbesar nya FLEXI sudah terkapar,jadu wajar dong seenak e dewe

Anonim mengatakan...

emang kurang asem, baru juga gw merasa koq pulsa berkurang lbh cepat dr dulu2....eh bener aja, ilmu tipu dan ngeles kembali diterapkn si asuia...

Anonim mengatakan...

Hal ini terjadi pada TGL 24 OKTOBER 2011

aku juga ga tau informasi naiknya tarif ini sebelumnya. Tetapi yang lebih edan lagi tuh esia, yang tertulis di http://myesia.com/esia.php?subid=1&id=8&subsubid=3&page=subsubcontent
biaya per menit telp ke gsm jam 06 sd 21.59 adalah Rp. 2.727 untuk zona > 200km. Karena aku telp ke jogja.
Satu lagi kasus dengan layanan 511 untuk tarif nelpon 1 rupiah per detik ke nomor GSM. Aku daftar tgl 24 Oktober 2011 jam 11:19:50 dan aktif pd pukul 11:19:52, " Tarif Rp1 ke GSM lokal berhasil diaktifkan & berlaku s/d 24/10/2011 23:59. ..." ( Isi Sms bahwa paket telp sudah aktif )

Kemudian saya telp pada kira-kira pukul 11:30 ke GSM. Itu tidak ada masalah.
Karena saya melihat masa berlakunya paket tersebut seperti yang tertera dalam sms itu, maka pada pukul 18:30 an saya telp lagi ke gsm.
Tetapi alamak...ternyata saya melakukan panggilan selama 02 menit 02 detik dikenakan tarif Rp. 9.000,-
Kemudian saya dapet sms dari 511 yang isinya jika saya melakukan pendaftaran paket ke GSM bisa hemat 55% dengan tarif telp Rp1/detik.
Maka saya coba daftar kembali ke 511, tetapi saya mendapat sms lagi yang berisi bahwa Pendaftaran tidak dapat diproses karena masih berada di dalam paket Rp.1/detik. yang saya daftarkan siang harinya.

Karena nda bisa aku telp aja ke jogja ke no GSM dengan Pulsa Rp. 3.513,- terus aku bicara selama 6 (enam) detik. Kemudian aku cek pulsa.dan ternyata aku telah dibohongi oleh pihak esia. Karena untuk durasi bicara 6 detik pulsaku tinggal Rp. 458,- yang artinya pihak esia mengenakan biaya Rp. 3.055,- selama 6 detik

Dari apa yang tertera di Website esia tersebut dengan kenyataan yang terjadi, pihak esia telah MEMBOHONGIU KONSUMEN dengan tarif yang tidak sesuai dengan mengenakan tarif diatas tarif yang tertulis di Website mereka.
Tidak ada penjelasan dari pihak esia tentang paket yang mereka sediakan yang dapat membingungkan konsumen yang akhirnya konsumen yang DIBOHINGI OLEH PIHAK ESIA

Anonim mengatakan...

selama ini gw promosiin esia ketemen temen sebagai tarif termurah kalau begini mesti dicabut promosi nya karena dah gak murah lagi...cari alternatip lain aja ahh...

Anonim mengatakan...

emang bener..rampok tuh esia.. gw tanya ke operatornya, emang 1 menit pertama 132rph, baru detik berikutnya 2 rph..kynya pake ganti flexsoy aja deh gw..

Anonim mengatakan...

Mari kita tinggalkan esia...

ngkur mengatakan...

saya juga merasa kalau esia mahal bgt skrg.
telpon sebentar ke esia saja bs kena 2rb. telpon beberapa detik ke telpon rumah juga kena hampir 1000. parah. isi pulsa 20rb sebentar lgsg abis. padahal juga jarang dipake telpon. pernah sya telpon cust servis esia untuk menanyakan kenaikan tarifny. saya bilang kok jadi kaya gsm ya telpon ada jam2ny, yg tadiny nyindir gsm yg telpon liat2 jam dulu. sekarang malah ikut2an. MENGECEWAKAN !!! mentang2 udah banyak yg pake !!!

Anonim mengatakan...

Biasaaaa .......

Kemaren2 kan dah tekor tuh nasi harga murah edan2an .....
Posisi konsumen lagi diangkat tuh ...... jadi raja ...dimanjain .... biar pada beli produknya .....

Sekarang ..... dah banyak yang pake saatnya balik modal dongggg ......... taekin tarif ........ jilat ludah sendiri ........ pake pembatasan waktu ..... Gak peke Ba bi bu lagi naikinnya ......


Posisi konsumen ada dimana sekarang ????
ada di bawah..... diinjek ....... nerimo ........


PINDAH AJA YUK !!!!!!!!!

Anonim mengatakan...

NOMOR ESIA YANG SELAMA INI SAYA SAYANGI NAMPAKNYA AKAN SEGERA SAYA BUANG!!!

Anonim mengatakan...

sekarang tag line esia bukan lg "untung pake esia" tapi "buntung pake esia" emank kampretttt tuh bakrie jilat ludah sendiri..taekkkk luuu

Anonim mengatakan...

NAIKIN HARGA NGAK BILANG2 YA .... BIKIN ORANG KAGET ..
CABUT AJA ESIA - TAPI PINDAH KEMANE ?

Anonim mengatakan...

Jadi CDMA yang paling murah sekarang apa ya?

Anonim mengatakan...

DAH JANGAN PADA PAKE ESIA AJA,
MENDINGAN PAKE TELP UMUM AJA LEBIH MURAH
PADA BUANGIN AJA KARTU ESIA, BIKIN BAKRIE TAMBAH KAYA AJA
KABBBBUUUUUUUUURRRRRRRR

Anonim mengatakan...

pantesan sekarang beli pulsa mulu,,, eh eh eh ternyata naik gila tarif nya... stres nich,,,, bukan untung malah buntung...

6f9c15a8-177d-11e1-9cfd-000bcdcb471e mengatakan...

Saya dah 8 th pke esia,mending pake flexy aja skr, dah jelas cuma Rp. 49,- ke sesama... Esia ku oh esia... sosialisasi nya dong.... Pindah ah, jangan pake lagi esia skr sih. Benar2 mengecewakan.... plung kartu ke sungai...hahahha

Anonim mengatakan...

tarif sms juga naik
yang semula 1.1 rupiah per karakter ditambah pajak
sekarang menjadi 2.2 per karakter ditambah pajak
jadi bila mengirim sms 2 karakter 2 x 2.2 = 4.4
akan terjadi pembulatan ke atas
jadi pulsa anda akan berkurang 5 rupiah
padahal di websitenya tertulis 1.1 rupiah perkarakter

Anonim mengatakan...

He..he..he..
Sebenarnya sebelum berganti nama menjadi ESIA (dulu RATELINDO), operator ini secara financial sdh tidak sehat!!!

Kenapa di katakan tidak sehat?,
RATELINDO mengalami kerugian yg sangat besar akibat dari pemakaian telpon para pelanggan nakal yang kabur membawa perangkat, lalu perangkat tsb di akalin oleh teknisi RATELINDO dgn bayaran tertentu (konon para teknisi ini di gaji sangat minim) agar perangkat tsb dapat dipergunakan menelpon sepuas mungkin tanpa limit.
masih ingat dgn nomor telp premium Rp.2200/menit yg booming pd akhir dekade 90an?, nakh itulah yg menjadi sasaran para pelanggan yg nakal dgn menelpon berjam-jam.
bisa kebayang betapa jebolnya RATELINDO yg harus menanggung biaya percakapan tsb.

Setelah sempoyongan, lalu RATELINDO berubah menjadi ESIA.

Apakah masalah selesai? tentu tidak...!!!
ESIA mengeluarkan kebijakan tidak populer yg berimbas pada pelanggan loyal RATELINDO yg rata-rata pasca bayar/abonemen, yaitu menganti perangkat yg lama dgn yg baru (ini TIDAK GRATIS!!!).
Padahal pelanggan ratelindo itu mendapat perangkat lama dgn cara MEMBELI, tapi ketika akan di ganti dgn perangkat baru kenapa harus membeli lagi??? ini sangat tidak fair (berarti perangkat lama hny di anggap sewa?).
Akhirnya banyak pelanggan RATELINDO yg berhenti berlangganan akibat kebijakan tsb.

Rupanya ESIA tidak belajar dari pengalaman dan saat ini ESIA sedang mengali kuburnya sendiri dgn kebijakan tidak populer yaitu menaikkan tarif pulsa secara diam-diam yg sangat tinggi di banding kompetitor CDMA lainnya.
Saat ini pun banyak pelanggan ESIA yg sdh membuang kartunya dan berganti ke operator CDMA lain.

Anonim mengatakan...

Kita sekeluarga 8 orang, masing2 pake esia..
Sekarang udah di buang semua, gara2 pulsa mahal
gimana sih BOS, mau jadi presiden ko minta biaya ke konsumen..??

Ted mengatakan...

He he kirain saya sendirian yang merasakan efek kenaikan tarif esia. Ternyata banyak juga ya. Sekarang esianya udah jarang banget dipakai, paling cuma buat terima doang karena banyak sudah tahu nomornya. Sekarang malah pakai GSM yg tarifnya sama saja tapi ga repot + bisa internetan murah. Kalau teman2 sudah pada tahu nomor yg baru, esianya pasti dibuang

Anonim mengatakan...

Bye bYe Esia.. Bau bangkainya tercium juga.. pantesann koq cepet banget habisnya itu pulsa.. ckckckck... BACK STABBER...

Anonim mengatakan...

buat karyawan esia yang punya iman, mending berhenti aja jadi karyawan esia karena gajinya dari hasil menipu, mencuri uang pelanganya, yang pastinya HARAM BUAT DIPAKAI.

Anonim mengatakan...

waduh gue mesti minta maaf nih ama bini baru aja gue semprot pulsa cepet habis gara2 esia bangsat !!! Malu deh gua

Anonim mengatakan...

BUNTUNG PAKE ESIA .

ane udah menganalisa tarif sms esia ke operator lain.
dan tarif per smsnya SEKARANG Rp 83.
tapi tarif tsb melonjak tiba2, padahal udah saya cek & itung tiap smsnya/
Gimana gak rugi total, kalo kita cuma sms "lg dmn?"
dan tarif yang dikenakan Rp 83 bahkan lebih !!!

dan mungkin hari ini saya hari terakhir saya untk mengisi pulsanya.

operator berkata "Amda telah memasuki masa tenggang. Jika anda tidak mengisi ulang segera, maka kartu anda akan segera hangus"

HANGUS????
sepertinya sebelum kartu tsb hangus,saya rasa kartu tsb tlh dibakar..!!!!

Anonim mengatakan...

gak usah pakai esia, saya aja sekeluarga sudah ganti pakai flexy. kapok pakai esia banyak bohongnya gak jelas, lagian jg skrng bnyk yg pke flexy.

heru mengatakan...

cepat tinggalkan esia dari sekarang...sinyal buruk,paket yg bikin ribet,dan tarif pulsa yg menggila

Anonim mengatakan...

Ha..ha..ha..

Di kantor saya dulunya banyak yg pake ESIA (kira2 ada sekitar 50 org dan kebanyakan ESIA itu hanya sekedar nomor kedua setelah GSM).

Tapi sekarang... hampir 90% sudah tidak memakai ESIA lagi dan beralih Ke FLEXI, karena tarif ESIA sekarang MAHAL...!!!

ESIA masih ngaku tarif termurah???
Bukankah ESIA pake tarif jebakan!!!

Jika saja dlm 1 kantor yg membuang ESIA ada 45 org, pastinya dari 45 org tsb akan merekomendasikan utk ganti kartu kpd temannya, keluarganya, pacarnya dsbnya....

Koq ESIA tidak mau berbenah??
Di saat operator lain berlomba-lomba tawarkan tarif murah, eh...ESIA malah sebaliknya tawarkan tarif yang MAHAL.

adul mengatakan...

tai,rampok.....

baroq mengatakan...

tidak esia saja yang melakukan perubahan tarif secara idle, semua operator juga sama menaikkan tarif percakapan dengan bahasa promosi yang susah di cerna orang awam,

Anonim mengatakan...

seandainya hp esia w bisa berubah jadi gsm . pasti udah w ganti ma operator laen ..

FOCUSPRATAMA mengatakan...

duh....emang klo nelpon pada keluar kota apa kemana c sampe gitu hebohnya...

klo cuman telpon2 dalam kota w c tetep pake ESIA tinggal sms aja: ketik MINGGU kirim ke 515

tarif dijamin murah, cos w slama ini pake itu...
INGAT!!!SEMUA PROVIDER ADA KEKURANGAN DAN KELEBIHANNYA....!!!

dan semua provider cuma cari untuk doank bos...jadi sama aje lo mau pake apa aja....BOROS...

selesai dah...

FOCUSPRATAMA mengatakan...

dan w setuju ama baroq...peace

dhiedhie chadwick mengatakan...

paket internet esia tiba2 naik tanpa pemberitahuan,, tarif sms juga mahal,,,, bener2 ketipu,,, nyesel beli esia,,,,,,,,,,,,,,,,:(

Anonim mengatakan...

Padahal baru aja mau ganti esia.....eh....untungnya baca blog ini....so.....nggak janji deh pakai esia..... I love flexi......

Amws mengatakan...

Sukurlah kalau bermanfaat

Anonim mengatakan...

Ohhh Indonesia ku tercinta.... Kebijakan hukumnya gak pernah berpihak pada pemilik negara nya.
YLKI yang dimandulin.
Undang - undang nya titipan.
Hadeeuuhh.... Gusti pangeran nu agung. Hampuraa...
Di rampok abis an ini negara.

AZAY mengatakan...

capek deh... gw kira gw doank....
sory nih sharing.
gile aje. pulsa gw 10 ribu lgsg abis cuma 5 menit...
padahal cuma pake SMSan.. emang banyak.. tp kan dulu gw taunya sms 1 rupiah / char ke smua operator. gw pikir ah paling berape....
taunya pas SMS lg.. " pulsa anda tidak mencukupi" lgsg gw cek dah tuh pulsa ( coz kadang operatornya jg ngaco pulsa 5ribuan dibilang tidk mencukupi jg)
eh pas muncul balesan ... pulsa anda 0000 ... anjrit.... cuma 5 menit... padahal gw sms pake speed normal.... asli kesel bangeut gw.... mana ga da pemberitahuan dulu..... mw naekin tarif ngomong2 donk... jd konsumen bs pny perhitungan. pas klo kebeneran mw pake....
mana no gw udah nyebar2 kmn2 and temen2 gw pd taunya no esia... nasib.. nasib....
akhirnya gw cuma ngisi pas masa tenggang.... cuma buat perpanjang masa aktif .. sambil nyebar2in no GSM.
mending pake GSM sxan... harga sama jaringan dan kualitas lebih bagus//.....
ESIA STRESSSSSSSS
ogah gw gunain jasa lo lg....
but gw pikir2 ada kmungkinan nih esia bakalan bkin gebrakan promo lg buat awal tahun + buat rencana pencalonan bakrie... cuma tau gini.... walau ada promo sbagus apa... mikir2 deh gw pake lo lagi... kmaren aja yg katanya tarif bukan promo... lo injek2 omongan lo ndiri.. kapok ... kapok...

mending bersatu... kapan2 kita matiin sluruh no esia slama 1 hari full ....

Anonim mengatakan...

kirain cuma gue doang yg ngerasa pulsanya mahal... bener2 kuciwa gue, tapi yah mau gimana lagi

Poskan Komentar