April 15, 2010

Microsoft Phone, Kin One dan Kin Two


Dua ponsel rancangan Microsoft dan Sharp, Kin One dan Kin Two.

Tak hanya dengan konsep baru, kehadiran smartphone Kin rancangan Microsoft dan Sharp juga meletakkan peta baru persaingan cip smartphone. Pasalnya, Kin One dan Kin Two adalah jajaran ponsel pertama yang menggunakan cip Tegra buatan Nvidia.

Tegra sudah diperkenalkan hampir dua tahun dan banyak digunakan di perangkat genggam, termasuk Zune HD, music player buatan Microsoft, dan M1 buatan Samsung. Namun, Tegra tak pernah digunakan di smartphone.

"Para produsen perangkat keras awalnya sangat berhati-hati menanamkan Tegra ke dalam smartphone. Namun, kini mereka semakin percaya diri. Hal ini memang dibutuhkan untuk menghadirkannya di pasar," ujar Bruce Chan, juru bicara Nvidia seperti dilansir PC World, Selasa (13/4/2010).

Nvidia yang dikenal kuat sebagai pembuat cip grafis meluncurkan Tegra untuk bersaing dengan produsen cip seperti Qualcomm, Texas Instruments, dan Intel. Tegra diklaim mampu menghadirkan kualitas grafis tinggi dengan kebutuhan daya listrik rendah di ponsel. Cip Tegra mengintegrasikan prosesor berbasis ARM, inti cip grafis GeForce, dan komponen lainnya.

"Mereka (kedua ponsel Kin) menggunakan cip Tegra APX 2600 buatan Nvidia untuk menyajikan pengalaman multimedia berkualitas tinggi, termasuk playback video HD 720p dan rekamannya," ujar Chan.

Nvidia juga menegaskan komitmennya terhadap masa depan pengembangan Tegra. Cip Tegra 2 akan dirilis pada kuartal empat tahun ini. Cip tersebut dijanjikan memiliki kecepatan proses hingga empat kali cip Tegra pertama dan dapat memainkan video HD 1080p. Smartphone dengan Tegra2 juga akan mulai dirilis di pasaran mulai akhir tahun nanti.

kompas.com



Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

1 comments : on " Microsoft Phone, Kin One dan Kin Two "

Buy Contact Lenses mengatakan...

I don’t know how should I give you thanks! I am totally stunned by your article. You saved my time. Thanks a million for sharing this article.

Posting Komentar