Maret 22, 2010

Twitter Ulang Tahun Ke-4

Hari ini adalah hari spesial bagi seluruh pengguna Twitter karena merupakan hari ulang tahun jejaring mikroblog Twitter yang ke-4.

Minggu 21 Maret 2006, salah satu pendiri jejaring ini, Jack Dorsey, pertama kali mengirim pesan tweet pertama, untuk kemudian bersama-sama dengan Evan Williams dan Biz Stone mengembangkan Twitter.

Twitter bermula saat Jack mengusulkan sebuah layanan yang juga bisa diakses melalui SMS untuk berkomunikasi dengan kelompok kecil, seperti layanan pesan teks TXTMob. Oleh karenanya, pesan tweet dibatasi hanya 140 karakter.
Mereka menyukai ide bahwa melalui SMS, setiap orang bisa mengupdate status dan menerima pesan status dari teman-teman mereka, di mana mereka berada.

Dorsey dan rekan-rekannya awalnya belum memberikan proyek itu sebuah nama, hanya menamakan pekerjaan itu sebagai 'Status'.
Namun, saat memikirkan sebuah nama, mereka mencoba berbagai nama, hingga sempat ingin menamakannya sebagai 'Twitch' (bergetar).

"Melalui nama itu, kami ingin menggambarkan sensasi fisik, ketika pengguna layanan ini bisa mem-buzz ponsel di saku rekan mereka," ujar Dorsey pada suatu wawancara dengan LA Times.
Corat-coret konsep awal Twitter oleh Jack Dorsey
Namun, karena merasa Twitch tidak bisa menggambarkan arti keseluruhan dari layanan itu, akhirnya mereka kembali mencari kata yang tepat di kamus, dan menemukan kata 'Twitter'.

"Kata ini sangat pas. Definisinya: 'informasi pendek yang serampangan' dan 'kicauan burung' sangat cocok mewakili produk yang kami tawarkan," kata Dorsey.

Hanya empat tahun berselang, kini kata Twitter sudah tertera di kamus Collins English Dictionary sebagai: "sebuah situs web di mana setiap orang bisa memposting pesan pendek tentang aktivitas terbaru mereka".

Selain itu kata 'Twitterati' juga didefinisikan sebagai: para pengguna Twitter, dan kata 'Twitterverse' berarti : website Twitter dan para penggunanya. Twitter pun menjadi salah satu jejaring sosial populer di kalangan pengguna internet di Indonesia, selain Facebook.

Buktinya, hari ini UAN (ujian akhir nasional) menjadi salah satu dari topik-topik terpopuler (trending topics) di Twitter. Setidaknya ada 50 juta tweet yang tercipta di Twitter saban hari, atau setara dengan 600 tweet tiap detik.

Jumlah itu merupakan lonjakan yang sangat tinggi bila dibandingkan tiga tahu terakhir. "Kami mencatat pertumbuhan pesat sebesar 1.400 persen jumlah rata-rata tweet, sepanjang tahun," kata Kevin Weil, Analytics Lead Twitter, di blog resmi Twitter.

copas vivanews.com



Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

3 comments : on " Twitter Ulang Tahun Ke-4 "

christian louboutin mengatakan...

It is so good and informative! Thanks for your sharing!

christian louboutin mengatakan...

I like your post very much! It covers something that i concerned! Thanks!

christian louboutin mengatakan...

Your blog can give us much information and open our eyes. I can gain a lot from your post! Keep update!

Posting Komentar