Maret 31, 2010

HP TouchSmart 300, Desktop layar sentuh




TouchSmart 300 (hp)

Hewlett-Packard (HP) seakan tak mau kalah dalam merilis produk jagoannya di ranah desktop layar sentuh. DetikINET pun berkesempatan menjajal produk anyar HP yang bernama TouchSmart 300 ini. Bagaimana hasilnya?

Jika dilihat sekilas, TouchSmart 300 memiliki layar yang nampak relatif kecil, dibanding produk desktop layar sentuh sejenis. Padahal lebar layarnya adalah 20 inch. Mungkin penyebabnya adalah bentuknya yang sedikit 'gendut' jadi mencerminkan bodynya yang padat.

Kekaguman detikINET muncul ketika mendengar kualitas audio yang keluar dari speakernya. Wah... mantap! Serasa memiliki Home Theatre berukuran kecil. Walau ukuran speaker dibalik body desktop ini tak menonjol, namun suaranya serasa memenuhi seluruh ruangan.

Dentuman bass serta renyahnya treble, terdefinisi dengan jelas melalui speaker yang terletak di bagian body bawah desktop tersebut. Dari desain yang diusung, produk ini nampak elegan dengan balutan warna hitamnya. Saat dinyalakan, TouchSmart 300 pun siap menyambut pengguna dengan portal layar sentuh bernama HP TouchSmart 3.0.

Berbekal prosesor AMD Athlon II X2 235e dan grafis Nvidia GeForce G210, desktop ini cukup mumpuni untuk menikmati kualitas film full HD. Meski yang sedikit mengganjal itu tadi, layar yang dipilih kurang berasa lebar. Namun tetap saja produk ini cocok untuk diletakan di ruang keluarga.

Dengan spesifikasi tersebut, TouchSmart 300 cukup lancar saat digunakan untuk memainkan game sekelas Left 4 Dead. Selain itu produk ini masih kuat untuk diajak mengolah grafis secara ringan dengan software macam Corel, Adobe Photoshop, bahkan mengerjakan project 3Ds Max (software grafis 3D) kecil-kecilan.

Portal Layar Sentuh Kurang Mulus

Bagian lain yang paling menarik dari desktop ini adalah sensasi layar sentuhnya dalam portal bernama HP TouchSmart 3.0. Portal ini menyediakan banyak ragam aplikasi mulai dari notepad, video, musik, browser, hingga canvas untuk melukis.

Dari sisi tampilan dan desain, portal layar sentuh HP ini, menurut detikINET sedikit lebih baik daripada milik Acer. Jika Acer Touch Portal milik Aspire Z5610 sedikit lebih ribet, maka HP TouchSmart terkesan lebih simpel dan elegan.

Namun saat detikINET mencoba gestur layar sentuh multi-touchnya, entah mengapa pengoperasian tiap-tiap apikasinya terasa kurang responsif. Misalnya saat digunakan untuk menggeser, memutar, atau melakukan zooming pada sebuah aplikasi. Kesannya sedikit patah-patah.

Sebagai informasi tambahan, HP TouchSmart 300 mengsung prosesor AMD Athlon II X2, sementara Aspire Z5610 mengusung Intel Core 2 Quad. Semoga hal ini bukan karena masalah prosesor, saat dipaksa melakukan kinerja multi-tasking.

Bermain-main dengan fitur layar sentuh desktop ini memang mengasyikan, terlebih untuk segala macam fitur hiburan yang ada di dalamnya. Namun jangan coba-coba mengetik menggunakan on-screen keyboard (keyboard virtual layar sentuh) untuk mengetik sebuah dokumen. 

Sama seperti Aspire Z5610, bagi yang belum terbiasa pasti akan sangat kesulitan untuk mengetik sebuah artikel dengan virtual keyboard tersebut. Apalagi bagi pengguna yang memiliki jemari relatif besar. Dijamin susah mengetik.

Kesimpulan
Dengan desain serta fitur multimedia yang unggul, HP TouchSmart 300 cukup kompetitif jika disandingkan dengan desktop serupa milik Acer bernama Aspire Z5610, terlebih dengan harga yang sedikit lebih murah.

Desktop ini pun bisa menjadi salah satu sarana hiburan bagi keluarga yang mengasyikan. Letakkan saja di ruang keluarga untuk berbagi hiburan multimedia.

Selain itu, HP pun menambahkan keyboard serta wireless mouse dalam box HP TouchSmart 300. Jadi user memiliki opsi alternatif dalam berinteraksi. Pengguna yang berminat dapat menyiapkan dana sekitar US$ 1.144. Sedikit lebih murah dari Acer Aspire Z5610 yang berharga  US$ 1.399.


Spesifikasi Umum:
- CPU: AMD Athlon II X2 235e (2.70 Ghz)
- OS: Windows 7 Home Premium (64-bit)
- GPU: Nvidia GeForce G210 (512MB/64bit)
- Display:  1600x900 pixel
- Memori RAM: 4GB 
- I/O: 5 USB, card reader, VGA, 2 jack audio, SPDIF out, LAN
- Storage: 500 GB
- Harga: US$ 1.144

Hasil Benchmark

PC Mark Vantage: 4622
- Memories Suite : 2795
- TV and movies suite: 2864
- Gaming Suite: 3650
- Music Suite: 4882
- Communication Suite: 4506
- Productivity Suite: 4379
- HDD test suite: 3524

3D Mark 06: 3547
- SM2.0 : 1370
- HDR/SM3.0 : 1319
- CPU : 2062

Base Score Windows 7 Performance: 5.0
- Prosesor: 6.2
- RAM: 7.1
- Grafis: 5.0
- Grafis Game: 6.0
- Hard Disk: 7.5

detikinet.com



Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

2 comments : on " HP TouchSmart 300, Desktop layar sentuh "

Werbeagentur mengatakan...

I just bought this computer a couple weeks ago and works great. I wall (mounted in my kitchen have no keyboard or mouse), movies and music from my other computer Streaming (7 file sharing libraries using windows). I do not recommend this as a replacement computer, but as a hot spot somewhere in your home will be multimedia. In your kitchen works great to stream music or videos to listen while washing dishes or cooking something to eat. As I said before that I would not recommend as a primary computer. The computer as a secondary multimedia unit works great.

HP TouchSmart tm2t series Specifications mengatakan...

Sama seperti Aspire Z5610, bagi yang belum terbiasa pasti akan sangat kesulitan untuk mengetik sebuah artikel dengan virtual keyboard tersebut. Apalagi bagi pengguna yang memiliki jemari relatif besar. Dijamin susah mengetik.

Posting Komentar