Juni 27, 2012

Facebook secara Arogan Ganti Alamat Email Pengguna

Coba anda perhatikan account facebook anda, khususnya di bagian basic info yang menampilkan alamat email, disitu alamat email kita telah diganti oleh facebook menjadi alamat email facebook (@facebook.com).

Benar kan ?!, bila sebelumnya yang ditampilkan adalah alamat email pribadi kita, namun tanpa kita sadara facebook sudah mengganti alamat email kita menjadi alamat email facebook dimana hal ini seolah olah kita dipaksa untuk menggunakan layanan email facebook.

@facebook.comLangkah arogan facebook ini pun berlaku meski kita tidak pernah mendaftarkan diri untuk menggunakan alamat email tersebut namun kita para pengguna facebook akan otomatis memiliki alamat email dari facebook. Entah dengan maksud apa hal ini dilakukan facebook apakah salah satu bentuk promosi Email Gratis dari FaceBook yang ingin ditawarkan facebook.

Memang sebelumnya facebook sempat menawarkan fitur  Email Gratis dari FaceBook yang sudah sekian lama ditawarkan namun sepertinya tidak mendapat tanggapan yang positif dari para pengguna facebook sehingga langkah arogan mengganti alamat email pribadi kita dengan alamat email facebook dilakukan secara diam diam.


Belum jelas bagaimana kita menggunakan fasilitas Email Gratis dari FaceBook namun sejumlah pengguna Facebook tidak senang dengan perubahan ini. Sebagian besar berkomentar, Facebook memaksa setiap orang untuk masuk ke dalam sistem emailnya. Reaksi ini rupanya mengejutkan Facebook.

"Kami menampilkan alamat email Facebook untuk membuatnya konsisten bagi setiap pengguna" kata Manager Product Communications Facebook, Meredith Chin.

Menurutnya ini adalah bagian dari proses set-up profil 'Timeline' baru yang memungkinkan pengguna mengubah pengaturan privasi untuk setiap postingan yang ingin mereka perlihatkan di Timeline.

"Mengenai email, sama seperti itu. Ini adalah pengaturan visibilitas tambahan," tambahnya.

Disebutkannya, pengguna bisa mengubah pengaturan dan memperlihatkan alamat email yang mereka inginkan, namun secara default alamat email yang akan terlihat adalah @facebook.com.

Pengguna bisa melakukannya dengan mengklik 'Contact Info' dan 'Edit' kemudian memilih alamat email yang ingin ditampilkan, dan kepada siapa saja alamat email tersebut akan terlihat.

Facebook sepertinya tidak belajar dari kesalahannya terdahulu. Sebelumnya, raksasa jejaring sosial ini menerima hujan kritikan dan membuat Federal Trade Commission turun tangan ketika pada 2009 situs ini mengubah pengaturan privasi pengguna secara diam-diam.

Jadi bila anda juga termasuk yang tidak senang dengan langkah tersebut silahkan segera update Contact Info anda dan ganti alamat email sesuai dengan alamat email yang ingin anda tampilkan



Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

6 comments : on " Facebook secara Arogan Ganti Alamat Email Pengguna "

Unknown mengatakan...

kebajakan seperti itu sobat, seenak mereka untuk mengubah ketentuan...

Anonim mengatakan...

punyaku tampil dua2nya, hotmail dan itu email fb, tpi tu dh lama knpa bru heboh skrng

Miftah Farid mengatakan...

Makasih om infonya,,


kalau aku emang dari dulu cuman nampilin email yang @facebook aja di profil ^_^

Waldi mengatakan...

Thanks ats infonya,lgsg k TKP....

AYAHE MELA mengatakan...

wahhh saya malah baru tahu, karena jarang banget lihat info profil untuk melihat alamat email

Jasa pembuat akun adsense mengatakan...

Biasa aja....suka2 facebook aja, kalu suka kita teruskan, gak suka di close aja....dapat tambahan email lumayan. masalahnya email facebook bisa didaftarkan ke GA gak....

Posting Komentar