Maret 31, 2011

Terganggu SMS Spam? Laporkan saja ke BRTI

Pernah atau seringkah Anda menerima SMS Spam berupa program promo kartu kredit atau promo sejenisnya? Jika ya, tidak hanya anda.Telah banyak pengguna seluler menjadi korban pengiriman SMS ilegal.
Mengapa ilegal? Karena jasa SMS broadcast ini belum memiliki sertifikasi dari pemerintah, sehingga belum dikaji apakah layak atau tidak.

Mungkin kita jengkel di buatnya tidak hanya sekali sehari, tetapi bisa lebih dari dua SMS Spam yang menawarkan kredit tanpa agunan (KTA) masuk. Selain menawarkan KTA, ada juga SMS berupa berita singkat dari penyelenggara konten (content provider) tertentu.

Ini berpotensi melanggar UU No 36 tentang telekomunikasi. Pada peraturan itu tertulis bahwa penyelenggara jasa telekomunikasi dan penyelenggara konten tidak boleh mengirimkan pesan spam pada pelanggan, apalagi berulang-ulang.
SMS Spam
Ada sejumlah langkah yang ditempuh BRTI dan para operator seluler untuk meminimalisasi SMS Spam, yaitu:
  • Memblokir SMS Spam KTA, kartu kredit, dan sejenisnya dengan firewall di jaringan milik operator.
  • Mengkaji kembali metode SKA (sender keep all) dalam penetapan interkoneksi SMS. Metode ini memicu SMS gratis untuk menyebar SMS sampah lintas operator.
  • Berkoordinasi dengan Bank Indonesia (BI) untuk mengetahui dan menyampaikan masalah penyebaran SMS Spam terkait penawaran KTA dan kartu kredit, yang umumnya dilakukan oleh bank-bank asing.
Namun, tiga langkah itu dinilai belum cukup. Saat hearing Kemenkominfo bersama Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), anggota parlemen meminta agar Bank Indonesia turut serta meminimalisasi dengan cara mengimbau secara internal, khususnya stakeholder atau bank-bank swasta, untuk mengurangi pengiriman SMS spam pada pelanggan.

Sayang, SMS spam masih merajalela. Bahkan, kini penyelenggara konten berita, juga berpotensi menjadi pelanggar. Penyelenggara telekomunikasi, dalam hal ini adalah operator, masih belum menyediakan nomor pengaduan konsumen khusus untuk SMS spam ini.

Bila para operator belum menyediakan, aduan silakan dikirimkan melalui BRTI. Nanti, BRTI akan tegur operator. Sebab, hal ini sudah masuk ke ranah perlindungan konsumen, artinya ini juga berpotensi menyinggung ranah hukum

Jika Anda ingin mengirimkan keluhan melalui BRTI, silakan mengunjungi www.brti.or.id. Atau bisa juga melalui telelepon melalui Bank Indonesia (BI) di nomor 085888509797.



Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 comments : on " Terganggu SMS Spam? Laporkan saja ke BRTI "

Posting Komentar