Januari 14, 2010

Nexus One, Cuman seharga Rp. 1.600.000


Google baru saja meluncurkan ponsel pintar terbarunya, Nexus One. Ternyata, dari temuan iSuppli, ponsel unggulan awak Mountain View di awal tahun 2010 tersebut hanya menghabiskan sekitar US$ 174,15 atau setara Rp 1,6 juta per unit saat diproduksi.

Berdasarkan sebuah analisis awal terhadap komponen yang digunakan untuk pembuatan Google Nexus One menunjukkan bahwa bill of materials (BOM) perangkat pintar itu sangat jauh dibandingkan harga retail yang ada di pasar sekarang ini, yakni sekitar US$ 529 atau setara Rp 4,8 juta.

Namun, perlu diketahui, harga 1,6 juta rupiah yang didapatkan iSuppli tersebut hanya termasuk komponen hardware Nexus One, tanpa mempertimbangkan biaya lain seperti manufaktur, software, isi kotak seperti manual book dan sebagainya, aksesoris, dan royalti.

“Nexus One merupakan perangkat tercanggih Google yang berhasil mengadopsi fitur terkini yang ada di ponsel pintar umumnya, yang dikemas dalam satu desain ramping dan handy,” kata Kevin Keller, salah satu analis senior iSuppli, seperti dikutip VIVAnews dari Cellular News, 11 Januari 2009.

“Sebut saja konstruksi body handset yang tahan lama, prosesor super-cepat Snapdragon, dan layar cerah dan tajam AM-OLED (active-matrix organic light emitting diode), semuanya telah ada di ponsel-ponsel sebelumnya, tetapi baru Nexus One yang menggabungkannya ke dalam satu perangkat. Inilah yang membuatnya terlihat sebagai ponsel pintar yang sangat canggih,” kata Keller.

iSuppli menyebutkan akan memfinalisasi analisanya terhadap Google Nexus One. Jika tidak ada halangan, lembaga riset itu akan mengumumkan laporan analisa secara lebih lengkap dan rinci pada akhir bulan ini.

Sekedar diketahui, ponsel 3,5G HSDPA yang didesain oleh One&Co ini merupakan ponsel pintar pertama Google yang memanfaatkan prosesor Qualcomm Snapdragon berkecepatan 1 Ghz dengan memori 512MB. Sangat cepat jika dibandingkan prosesor iPhone 3GS, yang hanya berkecepatan 600 MHz dan memori sebesar 256MB.

Dengan kecepatan prosesor yang mirip dengan kecepatan prosesor-prosesor netbook itu, Nexus One mampu menjalankan grafik 3D, dan berbagai aplikasi secara bersamaan, dengan lancar. Bodinya cuma 11,5 mm, atau sekitar 1 mm lebih ramping dari iPhone, dan bobotnya 130 gr, alias 5 gram lebih ringan dari iPhone.

Nexus One berkapasitas kamera 5MP, dilengkapi dengan teknologi penentu lokasi berbasis satelit GPS, Bluetooth stereo, teknologi peredam noise, serta layar capacitive OLED 3,7 inci beresolusi 480x800 piksel, yang peka terhadap sentuhan jari.

Hanya saja, kapasitas penyimpanan Nexus cuma sebesar 4GB dengan tambahan kartu SD berkapasitas 4 GB, masih kalah dari kapasitas iPhone 3GS yang mencapai 32 GB. Selain itu, usia baterai ponsel ini disebut-sebut tak begitu tahan lama. Tapi dari semua fitur yang ada, Nexus juga mengandalkan fitur Google Voice.

vivanews.com



Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 comments : on " Nexus One, Cuman seharga Rp. 1.600.000 "

Posting Komentar