April 23, 2015

Game di BBM

Sepertinya Blackberry mengekor alias mengikuti trend layanan messaging yang terintregasi dengan game bawaan jadi tidak hanya sekedar menyediakan layanan chat. Bisa jadi langkah ini dilakukan Blackberry sebagai langkah memonetisasi atau mendapatkan uang dari layanan chat yang sejak BBM akan hadir di iOS dan Android.

Walau langkah monetisasi dari layanan BBM ini sudah dilakukan sebelumnya, seperti adanya iklan, Stiker dan PIN Cantik, namun langkah monetisasi BBm tidak berhenti sampai disitu BlackBerry pun tertarik menambahkan game BlackBerry Messenger (BBM).

Melalui layanan terbaru BBM yaitu BBM Connect Games, Blackberry merilis tiga games perkenalan dan hanya pengguna BBM di Android saja yang baru bisa memainkannya.

Ketiga game itu yaitu, yang pertama adalah Game Altermyth Daruma Fevergame yang konsep bermainnya mirip dengan Bejeweled atau Candy Crush. Yang kedua, Altermyth DeceaZed, game bergenre Shooter ini mengharuskan pemain menembak zombie sekalis menghindari zombie. Dan yang ketiga Game BinaryWorks Wayang Jump, game yang mengharuskan pemain untuk berlari melewati rintangan serta melompat setinggi mungkin. 

Sebenarnya game-game tersebut dapat diperoleh secara gratis melalui Google Play dan BBM Shop, namun game-game ini bersifat in-app purchase yang artinya kita diharuskan membayar bila menambah sesuatu misalnya pada Altermyth DeceaZed, bila pemain meng-upgrade senjata diharuskan membelinya. 

Karena terintegrasi dengan BBM, ketiga game ini merupakan game sosial. Layaknya Line, pemain bisa memamerkan pencapaian mereka dengan teman-teman di kontak BBM.

Yang menarik, ketiga game tersebut merupakan game hasil pengembang lokal Indonesia, yang membuktikan pengembang asal Indonesia tidak bisa dipandang sebelah mata.




Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

1 comments : on " Game di BBM "

Mobile App Developers mengatakan...

It was very useful for me. Keep sharing such ideas in the future as well. This was actually what I was looking for, and I am glad to came here! Thanks for sharing the such information with us.

Posting Komentar