November 16, 2010

Format File Multimedia

Sebenarnya banyak sekali format file multimedia yang berlaku tetapi disini Amws mencoba menjelaskan beberapa Format File yang berlaku atau sering digunakan pada Handphone, yang Amws bagi dalam 2 format besar yaitu Format Audio dan Format Video :

1. Format Audio
File Format- MP3
Format ini yang paling sering kita dengar dan pakai untuk format music, bahkan telah banyak player yang mendukung format ini yang sering disebut "MP3 Player". MP3 adalah format MPEG (Moving Picture Experts Group) Audio layer 3 atau hanya mengambil layer Audionya saja. Format ini sangat populer karena hasil dari kompresi file Audionya sangat memadai dan noise yang dihasilkan sedikit (tidak mengganggu)

-AMR
AMR atau Adaptive Multi Rate yaitu jenis audio codec yang sudah terkompresi dan optimal pada kompresi jenis suara yang di ucap. Biasanya suara yang dihasilkan dari format ini kurang begitu baik, karena banyaknya noise yang ikut terbawa dan format ini sering digunakan untuk hasil rekaman dari Handphone atau perangkat audio lainnya.


-WAV
Waveform Audio Format merupakan standar yang biasanya digunakan pada PC. Format ini dikembangkan oleh Microsoft dan IBM. File yang dihasilkan dari format ini bisanya besar karena format file tidak di kompresi.

-AAC
AAC atau kepanjangan dari Advanced Audio Coding adalah format yang dikembangan menyusul kesuksesan format MP3. Hasil dari Format AAC lebih baik dari format MP3 terutama pada bitrate rendah karena format ini mempunya bandwith audio yang lebih lebar dibandingkan MP3.

-Midi
Sesuai dengan kepanjangannya yaitu Musical Instrument Digital Interface, format ini hanya untuk audio intrument atau alat musik saja sehingga tentu saja kurang baik untuk menghasilkan suara analog (mis : suara manusi, suara binatang dll). File yang dihasilkan dari format ini cukup kecil dan baik digunakan untuk ringtone ponsel.


- WMA
Format yang dikembangkan oleh Microsoft yang menghasilkan suara yang lebih baik dari format MP3. WMA atau Window Media Audio bisa digunakan untuk audio codec (kompresi/dekompresi suara digital) atau audio format.



2. Format Video
- 3GP
3GP adalah kependekan dari Third Generation Partnership Projec, yaitu format standar multimedia yang khusus dikembangkan untuk digunakan pada handphone. Resolusi video yang dihasilkan format ini biasanya kecil yaitu hanya setara VGA (640 x 480) saja.

- MP4
Moving Picture Expert Group-4 disingkat MP4 adalah format multimedia yang memungkinkan menyimpan file audio digital dan digital video dan bahkan file data seperti data text (subtitles) atau gambar tidak bergerak. Format MP4 format yang lebih baik dibandingkan format 3GP karena bisa untuk resolusi video yang lebih tinggi

- AVI
AVI (Audio Video Interleave) format yang dikenalkan tahun 1992 oleh Microsoft yang merupakan bagian dari format Videonya Microsoft. Dalam format AVI memiliki file Audio dan Video dalam satu kesatuan.


- WMV
Mirip seperti Format WMA, WMV lebih menitik beratkan pada file Videonya. WMA atau kependekan dari Windows Media Video di kembangkan oleh microsoft untuk menyaingi format RealVideo yaitu sebuah format internet video streaming yang dikembangkan oleh Macintosh.

- OGG
Format ini memang masih belum terlalu populer. OGG adalah format yang bersifat free yang dikembangkan oleh Xiph.Org Foundation yang mampu menampung file data, video, audio dan metadata.






Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 comments : on " Format File Multimedia "

Posting Komentar