April 28, 2011

Friendster ditutup..?!

Friendster adalah salah satu jejaring sosial yang sangat populer walaupun akhirnya kalah pamor dengan kehadiran Facebook yang datang belakangan.

Nah, bagi Anda yang punya banyak kenangan di Friendster, baik itu foto-foto lama, artikel-artikel blog, pesan-pesan lawas, dan lain-lainnya, sebaiknya Anda mulai memindahkannya ke tempat yang aman sejak sekarang.

Friendster telah menyurati anggota-anggotanya, juga mengumumkan secara resmi di laman mereka bahwa Friendster tengah melakukan perubahan yang signifikan terhadap situs mereka pada beberapa pekan ke depan, jadi Friendster bukan akan ditutup tetapi hanya akan melakukan sedikit perubahan.

Kendati akun Friendster Anda akan tetap bisa diakses dengan password lama Anda, namun, akan banyak data lama Anda yang tak akan terangkut ke situs baru mereka nanti, mencakup foto, pesan, komentar, kesaksian (testimonial), teriakan (shoutout), blog, forum serta group-group yang Anda ikuti

Oleh karenanya, Friendster memberi waktu kepada para anggotanya untuk menyelamatkan data-data mereka sebelum 31 Mei 2011. Seperti dilansir oleh situs ComputerWorld, Friendster juga telah menyediakan sebuah aplikasi eksportir untuk memindahkan data-data itu ke jejaring sosial lainnya.

Ke depan, Friendster sendiri menjanjikan fitur-fitur baru yang akan membantu penggunanya bersosialisasi dan terkoneksi dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama.

"Situs baru kami didesain untuk menciptakan profil baru yang memudahkan orang terhubung dengan orang lain secara berbeda dengan jejaring sosial lain," Friendster menjanjikan.

Antara lain, di Friendster, anggotanya akan bisa bermain game dan mendengarkan musik sambil saling terhubung dengan rekan-rekannya. "Pada dasarnya, situs baru ini akan melengkapi kehadiran online Anda di jejaring sosial yang lain," kata Friendster.


vivanews.com
Selengkapnya

April 25, 2011

Twitter dengan Suara

Twitter sebagai layanan media sosial yang cukup populer di Indonesia, selain Facebook. Berdasarkan data statistik yang dirilis ComScore beberapa waktu lalu, Indonesia menjadi negara dengan penetrasi Twitter tertinggi di dunia.

Dari data tersebut, direpresentasikan sekitar 20,8 persen pengguna Internet di Indonesia menggunakan layanan Twitter sehari-harinya, dengan responden 15 tahun ke atas serta mencakupi pengguna Internet rumah dan kantor.

Tak heran jika temuan ini mendorong Bubble Motion untuk masuk dan menggarap potensi di negara berbasis pengguna Twitter terbesar kedua di dunia setelah Amerika Serikat. Sebelumnya, seperti dilansir Tech Crunch, Bubble Motion sukses memperkenalkannya di India dan Jepang.

Bubble Motion adalah penyedia platform layanan blog suara menyerupai Twitter. Secara sederhana, layanan blog suara ini bisa dikatakan layanan Twitter yang hadir dengan suara (voice).

"Dibandingkan teks seperti di Twitter, blog suara lebih mewakilkan ekspresi seseorang. Anda akan merasakan ekspresi pesan yang lebih nyata dari teman atau publik figur yang Anda ikuti (follow)," kata Brad Porteus, chief marketing officer Bubble Motion.


Namun, di Indonesia, platform ini baru diadopsi oleh PT XL Axiata Tbk (XL) dua minggu lalu dengan nama layanan XL Cuaps. Dengan ini, pelanggan dapat menikmati konten baru berupa layanan Blog Suara pelanggan lainnya, termasuk layanan Selebriti Voice Blog yang diklaim pertama di Indonesia.

"Pelanggan dapat menuangkan apa yang ada dalam pikirannya dalam bentuk suara, dan seperti Twitter, pelanggan juga bisa mengundang pengguna XL lain untuk mendengarkan dan menjadi pengikutnya," kata VP Marketing Mobile Data Services XL, Jeremiah de la Cruz, melalui keterangan pers.

Selain XL, khusus layanan voice blog, Brad mengatakan Bubble Motion juga membuka kerja sama dengan mitra operator lainnya. Namun, belum ada informasi lebih lanjut tentang siapa mitra selanjutnya.

"Di India, kami berhasil mencatat 1,2 juta pelanggan blog suara. Di Jepang, datanya belum tersedia karena baru berjalan satu bulan," kata Brad. "Setelah Indonesia, kami juga akan menggarap pasar di Filipina."


vivanews.com
Selengkapnya

April 20, 2011

Mentari Obral Obrol Langsung, Senjata INDOSAT melawan persaingan Tarif

Setelah sekian lama tidak ikut ambil bagian perang tarif antar operator, INDOSAT kembali meluncurkan layanan baru, yaitu Mentari Obral Obrol Langsung, lewat layanan yang berlaku sejak 24 Maret 2011 itu. Tarif telepon yang ditawarkan mulai dari Rp 50/15 detik dan SMS Rp 50/SMS.

Dikatakan Mentari Obral Obrol Langsung merupakan bentuk apresiasi Indosat bagi pelanggan setia Mentari. Pelanggan akan mendapatkan tarif menelepon yang transparan dan tentu saja semakin hemat
Layanan ini dapat dinikmati pelanggan Mentari Paket 50 dan pengguna kartu perdana yang aktif sejak 24 Maret 2011. Pelanggan Mentari yang sudah aktif, dapat pula mengikuti program Mentari Obral Obrol dengan cara pindah paket melalui menu *777*1*1#, lalu pilih Mentari 50.

Mentari Obral Obrol LangsungTarif panggilan ke sesama Indosat lokal yang berlaku dalam program itu dibagi menjadi empat periode waktu. Panggilan yang dilakukan pada pukul 00.00-05.59 dikenai tarif Rp 50/menit untuk lima menit pertama dan menit selanjutnya gratis.

Pukul 06.00-10.59, tarif yang berlaku ialah Rp 50/menit untuk lima menit pertama dan gratis untuk lima menit berikutnya. Pada pukul 11.00-16.59, tarif yang berlaku Rp 50/30 detik. Sementara pada pukul 17.00-23.59, tarif yang dikenai ialah Rp 50/15 detik.

Untuk menelepon ke sesama Indosat SLJJ dan operator lain, tarif yang berlaku hanya Rp 50/3 detik selama 24 jam. Sedangkan layanan SMS ke semua operator dikenai tarif Rp 50/SMS selama 24 jam


mediaindonesia.com
Selengkapnya

April 16, 2011

BlackBerry Curve 8530, BlackBerry pertama dari AHA

Bakrie Connectivity (BConnect), melalui brand AHA (Affordable High-speed Access), akhirnya meluncurkan layanan BlackBerry melalui jaringan CDMA. Ini berarti AHA merupakan operator kedua yang menyediakn layanan BlackBerry melalui jaringan CDMA setelah sebelumnya Smart Telecom menghadirkan layanan serupa.

Sebagai dukungan layanan BlackBerry dari AHA ini, BConnect menyediakan perangkat BlackBerry pertamanya dengan meluncurkan BlackBerry Curve 8530.

BlackBerry Curve 8530, adalah merupakan BlackBerry Curve 8520 atau Gemini versi CDMA.  Dengan panjang 10,9 cm, lebar 6 cm, tebal 1,3 cm, dan berat 106 gram, BlackBerry Curve 8530 hadir dengan keypad QWERTY yang sama percis dengan BlackBerry Gemini.

Yang membedakan antara BlackBerry Curve 8530 dan BlackBerry Gemini adalah hanya pada jaringan yang dipakainya. Jika Gemini beroperasi di jaringan GSM 850/900/1800/1900, Curve 8530 berjalan di jaringan CDMA 800/1900.

Akses data untukBlackBerry Curve 8530 adalah 3G Rev. A yang maksimal kecepatannya diklaim mencapai 3,1 Mbps, sementara Gemini relatif lebih lambat dengan akses data EDGE maksimal mencapai 236,8 Kbps.

Selain perbedaan pada jaringan yang diusungnya terdapat juga perbedaan pada kinerja prosesor. Gemini memiliki prosesor berkemampuan 512 MHz, sementara Curve 8530 mempunyai prosesor setingkat 528 MHz.

AHA kabarnya akan membanderol BlackBerry Curve 8530 dengan harga Rp1,9 juta (belum termasuk PPn) untuk 500 pelanggan Esia pertama. Harga normalnya masih belum diketahui.

Berikut spesifikasi BlackBerry Curve 8530:
 - Dimensi dan berat 10,9 x 6 x 1,3 cm
BlackBerry Curve 8530 CDMA- Berat 106 gram
- Layar TFT, 65.000 warna
- Ukuran layar 2,4 inci, 320 x 240 piksel
- QWERTY keyboard
- Touch-sensitive optical trackpad
- Memori 256MB (ROM)
- microSD up to 32GB
- Konektivitas 3G Rev. A up to 3,1 Mbps
- Wi-Fi 802.11 b/g
- Bluetooth v2.1
- microUSB v2.1
- Kamera 2 MP, 1600 x 1200 piksel
- OS BlackBerry OS 5.0
- CPU 528 MHz processor
- Browser HTML
- GPS, A-GPS support
- Baterai Li-ion 1150 mAh
   + Standby  252 jam Standby
   + 4 jam 30 menit Waktu bicara
Fitur lain :
- BlackBerry maps
- MP3/eAAC+/WMA/WAV player
- MP4/H.263/H.264/WMV player
- Organizer
- Document viewer
- Voice memo/dial/commands
- Predictive text input

Selengkapnya

April 11, 2011

Cara Cermat Membeli BlackBerry

Blackberry sekarang sudah menjadi hal yang umum, hampir semua orang sudah memilikinya, mungkin Anda salah satunya, atau malah baru berencana membelinya. Hati-hati bila ingin membeli Blackberry, karena walau kardusnya masih bersegel, BlackBerry yang Anda beli belum tentu barang baru atau barang refurbished. Agar tidak tertipu, coba baca petunjuk berikut ini:

1. Beli produk bundel
Menurut Corporate Communications Telkomsel Suryanda Stevanus, cara paling aman ialah membeli handset BlackBerry yang bergaransi resmi operator mitra BlackBerry di Indonesia seperti Telkomsel, Indosat, XL, Axis dan Tri. Alternatif lain ialah beli di dealer resmi BlackBerry seperti Teletama Artha Mandiri.

2. Kenali istilah
Jika harus membeli handset BlackBerry di luar operator, Anda sebaiknya mengenali istilah brand new in box (BNIB), 14 hari, refurbished dan bekas (second). BNIB berarti ponsel benar-benar baru dan masih dalam kemasan bersegel. BlackBerry 14 hari adalah barang baru yang dikembalikan pembelinya karena suatu alasan. Kemasan BlackBerry 14 hari biasanya sudah tidak bersegel dan terbuka. Sedangkan refurbished adalah handset BlackBerry yang dikemas ulang dengan casing, boks dan perlengkapan lain seperti baru. Dan, BlackBerry bekas ialah ponsel yang sudah pernah dipakai. Sebelum membeli, tanyakan status ponsel kepada penjual karena akan berpengaruh pula terhadap harga jual.

3. Perhatikan PIN dan IMEI
Pastikan nomor PIN dan IMEI yang ada di handset BlackBerry sama dengan PIN dan IMEI yang ada di kardus pembungkus. Untuk melihat PIN dan IMEI yang ada di handset BlackBerry bisa dilihat di stiker yang terdapat di bagian belakang setelah baterai dilepas atau melalui menu Option-Status/Alt+Cap+H.

4. Cek menu option-status
Untuk mengecek apakah BlackBerry benar-benar baru dan bukan refurbished, hidupkan BlackBerry, lalu masuk ke menu Option-Status. Setelah itu, ketik BUYR. Di menu tersebut akan muncul Data Usage™ dan Voice Usage™. Jika ponsel masih baru, Data Usage™ dan Voice Usage™ akan berisi angka nol atau mendekati 0. Jika angka yang muncul tergolong masih sedikit, misal 2,5 Kb, BlackBerry mungkin dibuka untuk kebutuhan unlock


www.mediaindonesia.com
Selengkapnya