Februari 25, 2010

Perbedaan Facebook dengan Twitter

Banyak temen pada nanya apa perbedaan antara Facebook dengan Twitter. Ada yang bertanya karena memang ingin tahu perbedaan keduanya, ada juga yang bertanya karena bingung. Sering juga saya coba memancing dengan pertanyaan "Kho kalo dengan Friendster kaga dibandingkan", kalau dipancing seperti itu banyak yang teringat kembali dengan friendster, bahkan ada yang nanya "Emang masih ada Frienster itu ?" Geli juga denger pertanyaan seperti itu. Apa boleh dikata memang perkembangan teknologi bisa meyebabkan tenggelamnya sesuatu yang sebelumnya Booming, Apa karena Bom yang ledakannya menggelegar tetapi lambat lain hilang apa lagi ada Bom yang lain. Ah sudahlah malah membahas itu, rencananya kan saya ingin mencoba menjelaskan perbedaan antara Facebook dan twitter yang saat ini sedang banyak rame ramenya.
Oke saya coba jelaskan perbedaan kedua hal tersebut :
Facebook dan Twitter adalah merupakan situs layanan gratis "Social Networking" atau layanan yang fokusnya untuk membangun jaringan / hubungan sosial antar orang. Facebook beroperasi dan bisa dimanfaatkan oleh umum sejak September 2006, sementara twitter bisa dimanfaatkan oleh umum sejak October 2006. Perbedaan yang mendasar dari kedua layanan ini menurut saya antara lain :





Twitter Power: How to Dominate Your Market One Tweet at a Time1. Twitter
  • Interface Twitter lebih sederhana dan cenderung kurang menarik untuk sebagian orang.
  • Twitter lebih fokus ke microblogging  (Blog adalah jenis situs web, biasanya dikelola oleh seorang individu dengan entri reguler komentar, deskripsi peristiwa, atau bahan lain seperti grafis atau video) yaitu blog dengan isi lebih dibatasi hanya 140 karakter saja.
  • Lebih dimaksudkan tempat untuk mengekpresikan secara individual atau tempat bercuap-cuap pribadi, untuk itulah kenapa logo Twitter berupa burung, karena sesuai dengan maksudnya untuk bercuap-cuap
  • Twit sendiri berarti Umpat, Umpatan atau Ejekan, Twitter sering dipake orang untuk mengumpat, Karena pada dasarnya manusia itu suka bila kata-kata nya di dengar orang, maka tidak heran bila twitter sangat disukai orang 
Facebook: The Missing Manual2. Facebook
  • Interface Facebook lebih komplek dan meriah.
  • Banyak aplikasi tambahan seperti Game, Postcard, Survei, dll
  • Selain microblogging, facebook lebih nyaman untuk saling bertegur sapa.
  • Karena tampilan Facebook yang meriah yang membuat banyak diminati di Indonesia ini, karena memang kecenderungan kita di Indonesia yang suka akan penampilan yang enak dipandang berbeda dengan twitter yang lebih sederhana dimana dari kesederhanaan twitter lebih memikat orang-rang Amerika sana untuk memakai twitter dibandingkan Facebook.
  • Banyak orang Indonesia kurang menyukai twitter dengan alasan 'Garink" atau tidak menarik dibandingkan Facebook.
Walau pada dasarnya kedua layanan ini sama, tetapi punya kelebihan dan kekurangan masing masing, jadi terserah anda lebih tertarik menggunakan yang mana, atau bahkan mau kembali lagi menggunakan friendster karena saat ini friendster sudah banyak berubah dan hampir menyerupai Facebook, silahkan saja yang terpenting pergunakanlah dengan bijaksana.
Enjoy....




Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

8 comments : on " Perbedaan Facebook dengan Twitter "

Tim Harry Y. Tang mengatakan...

Artikel yang menarik..Kapan kapan mampir ke blog kami ya.. TipsKilat
:)

zuhri ahmad mengatakan...

Lumayan penjelasanya,remaja sampai nenek 2 bisa faham,siip

zuhri ahmad mengatakan...

Bagus,siip

Amws mengatakan...

Sukurlah kalo dimengerti

Ey-NhA SwEetBluE'S_92_find me to path! mengatakan...

ppusing,,, blum tau twiter,,

Amws mengatakan...

Tidak perlu pusing karena tidak tahu, cukup masuk saja ke twitter dan buat account disana atau login

Mark Zuckerburg mengatakan...

Tidak perlu pusing karena tidak tahu, cukup masuk saja ke twitter dan buat account disana atau login

Thanks gan

Unknown mengatakan...

intinya Berkomentarlah dengan baik,no SPAM,no SARA,dan menghina
2.Jangan meninggalkan komentar langsung & meniggalkan SPAM karena komentar akan segera dihapus
3.Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel

Posting Komentar